PENJELASAN KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI LENGKAP

PENJELASAN MENGENAI KOMUNIKASI SECARA DETAIL
Komunikasi adalah yaitu proses dimana seseorang atau beberapa orang (kelompok, organisasi) menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan juga orang lain.



ada beberapa jenis Komunikasi yaitu berupa Lisan, Tulisan, Bahasa Tubuh,  dan Menurut Sikap tertentu.

komunikasi menggunakan lisan yaitu dimana seseorang, dua orang atau lebih, dari mulai jarak jauh maupun jarak dekat saling berhubungan satu sama lain.
Komunikasi menggunakan Tulisan yaitu dimana seseorang menulis informasi menggunakan tulisan untuk bisa berkomunikasi, terutama dengan orang yang berjarak jauh.

Komunikasi menggunakan bahasa tubuh yaitu dima seorang memiliki kelainan atau penyakit, yang tidak bisa menggunakan bahasa lisan, yang hanya bisa menggerakan tubuhnya untuk memberitahukan suatu maksud, atau informasi kepada seseorang.

Komunikasi menurut sikap tertentu yaitu dimana seorang bertingkah, seperti marah, senang, duka, sehingga orang mengetahui bahwa dia sedang keadaan senang atau marah.

Menurut Para Ahli
Sekarang kita lihat menurut para Ahli ?

Menurut Everett M. Rogers
Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Sedangkan Menurut Theodore M. Newcomb
Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dari sumber untuk penerima.

Sedangkan menurut Rogers & O.Lawrence Kincaid
Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti


Sedangkan menurut Gerald R.Miller
Komunikais terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka

Sedangkan menurut Prof. Dr. Alo Liliweri
Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

Sejarah Komunikasi
Komunikasi berasal dari bahasa latin Communis yang berarti ‘sama’. Communico, communication atau communicare yaitu membuat sama (make to common)
Komunikasi terjadi apabila  ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orany yang menerima pesan.

Pada awalnya komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis – sinyal-sinyal, kimiawi pada organism awal digunakan reproduksi.
Sinyal – sinyal kimiawi primitive yang digunakan dalam berkomunikasi juga ituk berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawin pada ikan.

Sedangkan manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Dari bentuk umum komunikasi yang dilakukan manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran.

Sumber Referensi

0 comments