CARA MENGATUR UKURAN KERTAS PADA MS. WORD

CARA MENGATUR  UKURAN KERTAS PADA  MS. WORD
Salam setia Pengunjung Blogger Bimbel Computer. Sebelum saya shere mengenai pembahasan seperti judul diatas, kami mengucapkan satu demi satu kata untuk berterima kasih kepada anda karena anda sudah mampir di blog saya ini, dan apa yang saya shere kali ini bisa bermanfaat untuk kedepannya.

Langsung saja saya bahas ya … Ukuran Keratas pada Ms. Word itu pada dasarnya terdiri dari sebagai berikut :

a.     A4      
(A4  Biasanya untuk Makalah dan Artikel)

b.    Legal  
(Legal atau sama saja seperti F4 / HVS, Biasanya untuk Surat)

c.      Letter 
(Letter ini jenis kertas yang berukuran lebih kecil dari A4, biasanya untuk Skripsi, Makalah, KTI dan yang lainya sesuai peraturan skripsi setiap Studi)

d.    10 x 15 cm
e.      A6 (105 x 148)
Kalau untuk ukuran A6 ini lebih kecil dari A4 seperti letter, kegunaanya ya untuk sesuai dengan keperluan saja.

f.      A5
g.     A3
A 3, Biasanya untuk mencetak teks yang berukuran panjang melebihi HVS biasanya untuk brosur yang ukuran besar atau foto yang ukuran lebar.


Bagaimana Untuk Mengatur Kertas di Ms. Word ?

Untuk mengaturnya cukup mudah sebenarnya yaitu dengan cara sebagai berikut
Setelah terbuka jendela kerja Ms. Word maka ada dua cara untuk mengatur kertas tersebut yaitu dengan cara :

a.       Dauble click pada Ruler seperti gambar di bawah ini :




      nah pada Gambar diatas yang saya diberi tanda lingkaran merah yaitu point 2 dan 3, untuk Poin 2 pada Layar Page Setup pada bagian Margin yaitu digunakan untuk mengukur atas, bawah, kiri, kanan lembar kertas , jadi jika kita print data yang akan kita bisa di jilid biasanya Left itu 4 cm yang lainya 3 cm.

      untuk Poin ke tiga (3) pada lingkaran ke tiga itu digunakan untuk posisi kertas saat mencetak apakah bentuk lurus alias potret atau berbentuk miring alias landcape.
      
      Terus kita menuju bagaimana kita memilih jenis tipe kertas yaitu dengan cara meng click paper pada layar page setup tadi seperti gambar di bawah ini :


      nah untuk lingkaran merah yang besar yang ada teks A4 nya itu jenis kertas yang kita pakai kalau kita pingin mengganti Jenis Kertas Legal atau HVS bisa hanya dengan cara meng click tanda (<) itusaja baru OK...

b.       Click menu Page Layout – Page Setup – baru akan tampil seperti gambar di bawah ini :

      sekarang kita ke cara yang nomor 2 yaitu poin B, nanti anda tinggal pilih saja dari masing - masing cara itu ok.. pada cara nomor dua seperti gambar di bawah ini :


      seperti petunjuk dari gambar diatas yang pertama yang harus kita lakukan yaitu click Page Page Layout  sesuai dengan tanda yang saya lingkari warna merah lalu selanjutnya Click page setup yang saya di beri tanda tanda panah merah setelah melewati tahap itu akan muncul gambar di bawah ini : 

                             

        penjelasanya sesuai dengan apa yang diatas pada langkah pertama. jadi sekarang apakah anda sudah paham dengan apa yang saya ajarkan.
     
       Mungkin itu saja yang dapat saya shere kepada anda, semoga aritkel ini bermanfaat untuk kedepannya amin - amin ya robal alamin....










0 comments