MENCETAK HELLO WORD DENGAN PROGRAM PASCAL DAN PENJELASANYA

BELAJAR PROGRAM PASCAL MENCETAK HELLO WORD

Kalau bicara program Pascal saya teringat waktu kuliah dulu, saya kuliah mengambil juruan informatikan dan manajemen di indramayu yaitu AMIK PURNAMA NIAGA INDRAMAYU, katanya sebelum kita menguasai sebuah program kita harus sering sering mengasah yang namanya logika.


Jadi gak salah dulu waktu kuliah materi pertama yang diajarkan yaitu  Algoritma, atau yang diartikan sebagai pemecah sebuah masalah, awal mula atau dasar suatu programmer yaitu harus bias memecahkan sebuah masalah jangan menambah masalah hehehe.
Jadi disaat kita sudah menguasai semua algoritma maka disaat kita ketemu dengan materi Pemograman yaitu program Pascal kita tidak kaget karena walaupun algoritma dikatakan dari segi teorinya saja tapi sebenarnya hapir mirip kalau kita membayangkan masalahnya.
Untuk anda yang belum punya program pascalnya untuk memanjurkan untuk belajarnya agar cepat meresap maka metodenya harus dengan prakteknya, untuk sofwarenya silahkan download di SINI
Awal mula untuk belajar pascal sebenarnya sangat mudah sekali scriptnya CONTOH cara mencetak HelloWord :

Program HelloWord;
Uses wincrt; 
Begin
Writeln ('Hello Word');
End.


Penjelasan :
Program HelloWord;
Nah script ini yaitu digunakan untuk member nama program yang akan kita buat, dan perhatikan nama program tidak boleh diberi sepasi, ukuran huruf tidak menjadikan masalah tapi jangan dispasi, HelloWord ini sebagai nama program yang kita buat, untuk menutupnya yaitu dengan tanda (;).
Uses Wincrt;
Uses wincrt itu dimana program atau pembuatnya atau ditampilkannya di windows beda lagi kalau di RunNya di hp android yaitu jangan menggunakan Uses wincrt ini, jadi sudah pahamkan heee kurang lebihnya seperti itu.
Begin

Begin ini adalah awal sebuah pernyataan, yang termasuk didalamnya berisi pernyataan apa yang mau di keluarkan atau ditampilkan di layar computer.
Writeln
Nah perintah ini adalah digunakan untuk menampilkan data yang sudah disiapkan contoh Writeln (“helo word”);
Maka akan keluar dilayar yaitu sebagai berikut :
helo word

('helo word');
Ini adalah sebuah pernyataan yang akan kita tampilkan dilayar computer yaitu dengan cara membuka tanda ( ' (kurung dan  petik diatas dan diakhiri juga dengan tanda yang sama ');  dan titik koma adalah untuk mengakhirinya.

End.
Setelah program yang sudah di tulis dalam bentuk script ini maka kita akan mengakhiri seluruh program itu menggunakan (End).

Jadi sudah pahamkan apa yang saya ajarkan atau jelasannya
OK itu saja dulu yang dapat saya sampaikan sekurangnya kami minta maaf. Dan semoga bermanfaat terima kasih.



0 comments