KOMPONEN DAN ELEMEN PADA KOMUNIKASI DATA

a.       Komponen Komunikasi Data

Hasil akhir yang diharapakan dari proses komunikasi adalah adanya tindakan ataupun perubahan sikap penerima sesuai dengan keinginan  pengirim. Namun, makna suatu pesan dipengaruhi cara  penerima  merasakan pesan itu sesuai konteksnya.
oleh sebab itu, dalam sebuah proses komunikasi,  seorang komunikator harus mengusahakan agar pesan – pesanya dapat diterima sesuai dengan kehendak pengirim. dengan adanya tindakan atau perubahan sikap selalu didasarkan atas pesan yang dirasakan. berikut ini beberapa komponen komunikasi data.

No
Komponen
Keterangan
1
Penerima
Berarti yang menerima data, misalnya komputer, handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
2
Pengirim
Berarti peranti yang ingirimkan data, misalnya Komputer, handphone, video kamera, dan lainya yang sejenis
3
Pesan
Informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, misalnya teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
4
Protokol
Aturan – aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomuniasi. tanpa protocol, dua alat atau lebih bisa saja saling terhubung tetapi tidak dapat saling berkomunikasi sehingga massage yang dikirim tidak dapat diteirma oleh alat yang dituju
5
Media Pengiriman
Media atau saluran yang digunakan untuk pengiriman data, misalnya kabel, cahaya, maupun gelombang magnetic.
b.      Elemen Sistem Komunikasi Data
seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi data hingga saat ini makin canggih serta beragam jenis komunikasi yang dipergunakan agar dapat mempermudah berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki jarak yang jauh dengan kita, serta dengan bebas dapat memilih salah satu atau lebih dari berbagai jenis komunikasi data.



Beberapa faktor yang berhubungan dengan elemen sistem komunikasi data dijabarkan sebagai berikut :
No.
Komponen
Keterangan
1
Source (Sumber)
Alat yang digunakan untuk membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, misalnya Personal Computer (PC)
2
Transmitter Pengirim
Datayang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalambentuk aslinya. sebuah transmitter menyalurkan, mengonversi, dan menandai informasi sehingga dapat ditransmisikan melewati sistem transmisi. Misalnya modem dengan tugas menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sudah dipersiapkan dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat melintasi melalui jaringan telepon.
3
Transmission System (sistem transmisi)
Transmission system dalam bentuk jalur transmisi tunggal (Single transmission line) atau jaringan kompleks (Complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination (tujuan).
4
Receiver (penerima)
Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan (misalnya sebuah modem akan menerima suaut sinyal analog yang datang dari jaringan/jalur transmisi dan mengubahnya menjadi digital bit stream).
5
Destination (Tujuan)
Digunakan untuk menangkap data yang dihasilkan oleh receiver

==è Lanjutkan


0 comments