Saturday 11 May 2019

KARAKTERISTIK APLIKASI DAN PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA

KARAKTERISTIK APLIKASI DAN PENGERTIAN  KOMUNIKASI DATA
Ditulis oleh     : Endar, S.Kom
Sumber  buku : Teknologi Layanan Jaringan Revisi 2017
                          Oleh : Patwiyanto, S.Kom
                          Sri Wahyuni, S.Kom
                          Sumari Agus Prasetyo, S.Kom


Dalam penggunaan sehari – hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan  suatu variable yang bentuknya berupa angka, kata – kata, atau citra. Dengan berkembangnya komunikasi data dan jaringan computer tersebut dapat mempermudah pekerjaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komunikasi data sebagai sebuah proses dalam pengiriman dan  penerimaan data  dari dua atau lebih Device  yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik local (1 ruang lingkup) maupun yang luas (beberapa desa/wil/dunia) seperti internet.
Telah kita ketahui bahwa komunikasi data serta jaringan computer yang dipergunakan sehari – hari, sangatlah penting, dan kini telah berkembang seiring dengan perkembangan zaman.
Beberapa bentuk system komunikasi data yang paling sering digunakan adalah off-line communication system ( system komunikasi Offline) dan on-line communication System (system komunikasi Online) yang terdiri atas Remote job entry System, Realtime System, time sharing system, client server system, dan Distributed data.

Gambar : Jaringan internet VSAT dari antena visat 1,2 ke HUB


KARAKTERISTIK APLIKASI KOMUNIKASI DATA
Komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal sehingga dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Artinya syarat Komunikasi data itu minimal 2 obeject / orang,.
Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, terdepat komunikasi alternative menggunakan komunikasi dengan bahasa nonverbal dalam bentuk gerak- gerik badan untuk menunjukkan siskap tertentu, contohnya menggelengkan kepada, tersenyum dll.
Biasanya komunikasi menggunakan bahasa nonverbal yaitu pada orang yang Tuli, atau Bisu yang memiliki kekurangan fisik.
Sementara data sebagai bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang bererti “suatu yang diberikan”. Namun, terdapat perbedaan mendasar antara data dan informasi, yakni waktu  kegunaan keterangan dan strukturnya untuk data belum dapat digunakan untuk action pada hari ini maupun yang akan dating dan bentuk strukturnya terdiri atas abjad, symbol, tanda, dan seterusnya, yang membentuk suatu kata, perintah, nama benda, dan seterusnya.
Sementara itu untuk informasi dapat digunakan untuk menunjang suatu kegiatan Action sehari hari saat ini maupun mendatang dan infromasi merupakan susunan dari kata (struktur data) yang lengkap di mana struktur data tersebut dapat memberikan suatu keterangan secara lengkap yang dapta digunakan utnuk melakukan suatu kegaitan action.


1.      Definisi Komunikasi Data
Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi atau pengiriman data disebut jaringan komunikasi data. Contoh ilustrasi Orang sedang telephonan, orang sedang berbicara
Yaitu yang memberikan informasi kepada orang yang tepat dengan tepat waktu, memberikan informasi/data terbaru (up-todate), serta memungkinkan orang yang berada pada lokasi geografis berbeda dapat saling berkomunikasi.

Pada dasarnya komunikasi data sebagai gabungan dari teknik teleomunikasi dengan teknik pengolahan data.
Ada beberapa pengertian Komunikasi Data berdasarkan pakar dijabarkan sebagai berikut :
1
Secara Umum
Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah.
2
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Komunikasi identic dengan Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat ndipahami.
3
Prof. Drs. H.A.W. Widjaya
Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok
4
Organization Communications
Proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam organisasi dan  kepada pribadi – pribadi dan lembaga lembaga di luar yang ada hubungan.
5
James A.F. Stoner
Proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.
6
Interpersonal Communications
Komunikasi antarpribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.

Dari hasil jabaran pendapat diatas disimpulkan bahwa definisi komunikasi data dengan suatu system yang dipergunakan oleh sesorang/lembaga/alat dalam membeirkan suatu pesan kepada orang/lembaga/alat, dengan harpaan orang dalam suatu lembaga yang menerima pesan user tersebut melalui suatu peralatan mengerti atau memahami isi pesan tersebut.


No comments:

Post a Comment