MACAM – MACAM ALAT PROSES KOMPUTER GAMBAR DAN FUNGSINYA

MATERI MACAM – MACAM ALAT PROSES KOMPUTER

SEBELUMNYA <---------------

Asalamu’alaikum Wr. Wb.
Setelah kita mempelajari mengenai alat input output computer sekarang kita akan membahas mengenai macam – macam alat proses computer.

Dari segi definisi atau pengertian alat proses ini digunakan untuk memproses kinerja dari computer yang sedang berjalan.

Nah untuk macam – macam alat proses computer sebagai berikut
a.       CPU (Central Procesing Unit)
Gambar


Penjelasan
CPU adalah singkatan dari kata Central Processing Unit.  Istilah Central Processing Unit apabila disingkat yaitu menjadi CPU. Akronim  CPU (Central Processing Unit) merupakan singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia.

CPU adalah alat dimana di dalamnya terdapat komponen – komponen yang masing – masing mempunyai fungsi tersendiri.

Diibaratkan CPU ini adalah sebuah rumah nah di dalam rumah tersebut  ada Kursi, Lemari, Meja dll)

b.      ALU (Arithmetic Logical Unit)
Gambar



Penjelasan
ALU singkatan dari kata (Arithmetic Logical Unit),  yang berfungsi untuk pemrosesan khusus perhitungan saja. Seperti penjumlahan (+, x , / dan -)

Ilustrasi :
1.      Ada proses  1 dan 2
2.      Proses 1 berisi perintah perhitungan sedangkan proses 2 berisi perintah biasa
3.      Katika proses 1 masuk ke Memory sementara yaitu proses pencatatan.
4.      Contoh intruksinya 1 + 1= nah maka memory hanya bisa mencatat sementara
5.      Dari memori maka di control oleh cu (control unit) melihat apa yang sudah dicatat oleh memory, ternyata kalau perhitungan maka diserahkan ke ALU (Arithmetic Logical Unit).
6.      Dari alu akan menjumlahkan dari inters pertama yaitu dengan jumla 2, maka di serhakan lagi ke memory sehingga 1 + 1=2 sedangkan CU hanya mengontrol saja apakah sudah dikerjakan atau belum.

c.       CU (Control Unit)
Gambar




Berfungsi :
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan  dan pengendalian terhadap suatu proses  yang dilakukan sebelum data tersebut  dikeluarkan

d.      Matherboard
Gambar


Berfungsi
Sebagai pusat pengendali dari proses sebuah komponen – komponen yang ada dikomputer/ motherboard ini sering disebut PAPAN INDUK, karena didalamnya itu terdapat slot – slot untuk component yang akan di pasang cth (Slot RAM, Slot VGA, Slot PROSESOR, Slot FAN Dll)

e.       Prosesor
Gambar



Berfungsi
Berfungsi sebagai pengolah data serta  membaca instruksi dari memori tentang  apa yang harus dilakukan dan  mengeksekusinya
Atau yang disebut alat pemroses

f.       Register
Gambar



Berfungsi
Untuk menyimpan instruksi dan data  yang sedang diproses oleh CPU, sedangkan  instruksi-instruksi dan data lainnya yang  menunggu giliran untuk diproses masih  disimpan di memori utama.

g.      Cacha Memory
Gambar



Berfungsi
Nah cacha memory ini untuk meningkatkan kinerja computer, kalau computer banyak yang terpasang alat ini otomatis kinerja computer akan lebih cepat.

h.      ROM (Read Only Memory)
Gambar



Berfungsi
Yaitu untuk menyimpan firmware

1. RAM (Random Access Memory)
Untuk menyimpan data dan instruksi  yang dibutuhkan untuk menyelesaikan  sebuah perintah


i.        PCI (Peripheral Component Interconnect)

Gambar




Berfungsi
PCI ini adalah slot untuk perangkat tambahan atau perangkat penanggulangan komponen mainboard rusak sehingga dengan adanya slot PCI bisa digunakan. Contoh ketika VGA Mainboad mati atau masalah maka dengan adanya Slot PCI kita dapat membeli VGA Card External dan di pasang di slot PCI ini maka computer akan berjalan normal lagi.

j.        Floppy Disk (Disket)

Gambar



Penjelasan
     Floppy disk atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Sekarang sudah banyak bermunculan media penyimpanan yang lebih maju dari floppy disk, seperti : CD-R, CD-RW, Flash Disk, dan Zip drive. Walaupun sudah banyak media penyimpanan yang lain, floppy disk masih tetap bertahan.

k.      Hardisk
Gambar



Berfungsi
     Untuk mengatur penyimpanan data yang sudah kita buat. Atau tempat system dimana disimpan.

l.        CD
Gambar


Berfungsi
Untuk menyimpan data dengan  menggunakan laser yang berintensitas  tinggi ke dalam CD

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dan jelaskan semoga di pertemuan ini informasi ini bisa bermanfaat untuk anda



2 comments