KOMPONEN MOTHERBOARD GAMBAR DAN FUNGSINYA

KOMPONEN – KOMPONEN MOTHERBOARD DAN FUNGSINYA BERSERTA GAMBARNYA….

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Halo gimana kabar para pembaca http://bimbeloncomputer.blogspot.co.id/  untuk pertemuan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai motherboard atau yang disebut dengan Papan Induk.

Pengertian Motherboard
Motherboard ini sebenarnya banyak sekali menyebutkan nama yang berbeda – beda dari mulai menyebutnya ‘Mobo’ ada juga ‘MB’, ada juga yang menyebutnya ‘system board’ atau ‘logic board’ walau banyak sekian penyebutan nama dari istilah Motherboard tapi nama yang paling terpopuler di anak jaringan computer  yaitu menyebutnya dengan ‘Motherboard”.

Kata Motherboard ini terdiri dari 2 kata yaitu ‘Mother’ yang berarti ibu/induk dan ‘Board’ yang berarti papan jadi Motherboard adalah Papan Induk.

Motherboard ini adalah untuk semua component – component computer terhubung / terpasang, karena di dalam motherboard itu ada slot-slot komponen – komponen computer dimana komponen – komponen computer terpasang didalamnya.

Apa Peran Motherboard ?
Peran motherboard itu sangat penting pada computer,  computer tidak akan pernah bisa menyala jika dari beberapa komponen computer yang mendukung akan kinerja computer,  itu tidak terpasang di Motherboard ini.

Pengertian Motherboard  Menurut Para Ahli
Jika dilihat dari pernyataan oleh para ahli dari pengertian Motherboard itu adalah sebagai berikut :
1.   Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC (Personal Computer) atau machintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
2.    Motherboard adalah papan utama berupa PCB (printed circuit board) yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
3.    Motherboard adalah papan sirkuit utama atau papan sirkuit pusat untuk membentuk suatu sistem elektronik yang komplek seperti komputer.
4.       Motherboard adalah sebuah perangkat keras dalam sistem komputer yang berbentuk printed circuit board (PCB).
5.  Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain.
6.       Motherboard adalah tulang punggung dari komputer yang berfungsi sebagai penyalur arus data dari Processor, RAM, VGA, Harddisk, Audio, dan periferal lainnya.
7.  Motherboard adalah papan induk elektronik atau mainboard yang dimana semua device komputer dipasang di slot-slotnya.
8.       Motherboard ialah papan sirkuit tempat terhubungnya komponen–komponen perangkat keras lainnya, disusun di atas papan printed circuit board (PCB) yang memiliki chip bios (program penggerak) dan yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lainya.
9.   Motherboard adalah papan sirkuit terbesar pada komputer dan merupakan “Badan” yang menghubungkan seluruh unit pada sistem komputer. Sumber (http://teknodaily.com/ )

Pengertian Motherboard Secara Umum
Pengertian dari beberapa para ahli diatas maka disimpulkan bahwa Motherboar adalah sebuah perangkat keras computer dimana berbentuk papan sirkuit yang berupa PCB (Printed Circuit board), yang berfungsi sebagai pusat tempat terhubungnya komponen – komponen perangkat keras computer lainnya. Di motherboard memiliki jalur – jalur khusus serta khusus konektor yang ditujukan setiap komponen – komponen lain dari computer.

Nama – Nama Slot untuk Komponen – komponen Komputer lain :
1.      PCI Slot
PCI Slot ini berfungsi untuk penambahan komponen – komponen computer yang berbentuk external, contoh VGA Card, LAN Card, Tv, Audio Card dan lain – lain.

2.      ISA Slot
ISA Slot ini berfungsi untuk penambahan komponen – komponen computer yang berbentuk external, contoh VGA Card, LAN Card, Tv, Audio Card dan lain – lain dengan syarat berjenis ISA /ELSA.

3.      CMOS Battery
Baterai berfungsi menjalankan RTC (Real Time Clock), juga nenjaga isi CMOS, seperti password. Apabila Anda lupa iata kunci untuk password Anda, cabutlah baterai tersebut, iemudian pasanglah kembali. Password Anda akan hilang.

4.      AGP Slot
untuk menyalarkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuanya dapat mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama.

Saat ini AGP sudah jarang digunakan. AGP memiliki 2 macam jenis versi AGP 4x dan 8x, terakhir dari jenis slot AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x. AGP ini terpisah dari PCI dan bekerja/beroperasi independen. AGP umumnya berjalan pada bus 66 MHz, yaitu dua kali lebih cepat dibandingkan PCI yang berjalan pada bus 33 MHz.

5.      EIDE Connectors
Slot ini berfungsi untuk menghubungkan Antara Hardisk dan CDROM dengan kabel IDE.

6.      RAM Slot
RAM (Random Access Memory) adalah berfungsi untuk menghubungkan Komponen  Main Memory atau disebut RAM.

7.      Socket 7 CPU
Socket 7 CPU ini berfungsi untuk penyedia tempat untuk prosesor computer sesuai dengan jenisnya.


Jadi gimana sudah taukan fungsi dari Slot komponen – kompoenen Motherboard ini dan sudah memahami mengenai definisi tersebut.

Dan semoga penjelasan diatas dapat dipahami oleh anda para pembaca http://bimbeloncomputer.blogspot.co.id/ sekurangnya kami mohon maaf.

0 comments